Posted by : Annisa Nur PS Minggu, 07 Mei 2017

Dalam QS. Al-Fath yang artinya "Sungguh, Kami telah memberikan pada mu kemenangan yang nyata", sebagian tafsir menyatakan  bahwa ayat ini turun pada saat:

  1. Peristiwa Fathu Mekkah
  2. Kemenangan atas Romawi
  3. Rasulullah saw kembali dari Hudaibiyah menuju Makkah untuk menunaikan ibadah umrah.
Para ahli tafsir paling banyak sepakat pada poin ketiga, yakni setelah terjadinya Perjanjian Hudaibiyah. Kaum musyrikin  mengadakan perjanjian dan gencatan senjata dan meminta Rasulullah SAW harus pulang pada tahun ini dan kembali lagi pada tahun berikutnya. Gencatan senjata dilakukan selama 10 tahun oleh kedua belah pihak, sehingga semua orang merasa aman dan sebagian tidak boleh memerangi sebagian yang lain. Bagi kaum muslimin, keuntungan dan kerugian tentu ada. Nabi Muhammad begitu legowo menerima perjanjian diatas kertas tersebut, walaupun beliau dianggap remeh.

Apa kaitannya dengan Erdogan?

Perpolitikan Turki masih tergolong muda. Muncullah Erbakan yang memiliki latar belakang seorang arsitek perusahaan mesin diesel berubah menjadi arsitek partai islam. Ia mendirikan NOP (National Order Party) yang bermetamorfosis menjadi partai lain untuk menghindari pelanggrana terhadap konstitusi sekularisme. Alhasil, NOP berubah menjadi JDP (National Order Party) pada tahun 2001. Di dalam JDP pun terpecah menjadi dua kelompok, yakni (1) Kelompok muda reformis yang kemudian berpisah dan mendirikan partai JDP di bawah pimpinan Erdogan , dan (2) Kaum tua tradisionalis yang diberi nama Sa’adah Party.

JDP yang dibawa Erdogan dipersilakan mengikuti Pemilihan Parlemen Turki yang berujung pada kemenangan telak. Berbekal prestasinya saat menjadi walikota Istanbul, publik percaya akan keberadaan Erdogan yang dapat membawa masyarakat Turki pada keadilan dan kesejahteraan. Terobosan-terobosan yang dilakukannya saat menjadi Perdana Menteri Turki, menjadikan kepercayaan publik semakin kuat.

Apa saja kunci kemenangan Erdogan?
  1. Politik Non-Konfrontatif
  2. Politik keteladanan dan prestasi

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

- Copyright © Mampukah kita melintasi dahsyatnya badai kehidupan? - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -