Posted by : Annisa Nur PS Sabtu, 01 Oktober 2016



Interaksi Ikhwan Akhwat
Ust Alif Rahman

HAKIKAT PENCIPTAAN dan KESEIMBANGAN
Tujuan penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah. Semua yang Allah ciptakan itu pasti berpasang-pasangan. Allah berfirman, bahwasanya Allah menjadikan manusia sebagai khalifah itu sebagai wakil Allah, pengganti, pemimpin, dan lain-lain. Dimana diciptakan khalifah tersebut? Allah menciptakannya di surga, namun bertugas untuk menjalankannya di bumi, maka Nabi Adam diturunkan ke bumi dari surga. Segala sesuatu diciptakan dengan ciptaannya. Sejarah iblis dilaknat oleh Allah, bermula ketika mereka tidak mau bersujud kepada Adam. Sebelum namanya menjadi iblis, mereka bernama Azazel. Azazel adalah makhluq Allah yang sangat taat, rajin beribadah, dan malaikat pun menaruh hormat kepada mereka. Hingga suatu hari, mereka tidak ingin bersujud kepada Adam; bukan sujud untuk beribadah, namun sujud untuk kehormatan. Azazel merasa paling hebat, karena diciptakan oleh Allah dari api, sedangkan Adam diciptakan dari tanah. Sejak saat itu, Allah menjauhkan nikmat untuk Azazel. Mereka tidak diberikan kenikmatan apapun oleh Allah hingga kehidupan akhirat kelak. Iblis menganggap bahwa Adam sebagai penyebab untuk iblis dijauhkan dari nikmat Allah dan akan dimasukkan di neraka. Azazel menerima keputusan Allah untuk mereka, dan bersumpah selalu menggoda serta mengajak anak cucu Adam untuk mengikutinya, sebagai balas dendam kepada Adam. Dijadikannya pengikut dan disesatkan ke jalan yang belok, memberikan pengaruh buruk untuk berbuat sesuatu, sehingga ia disebut iblis. Iblis berasal dari kata ablasa yang berarti putus, jauh dari nikmat Allah.
Tak lama, Allah menciptakan pasangan untuk Adam, yang bernama Hawa. Siti Hawa diciptakan Allah dari tulang rusuk Adam. Mereka merasakan nikmat surga yang begitu indah. Hingga suatu ketika, Adam dan Hawa digoda oleh iblis dengan memakan buah terlarang, Buah Khuldi atau buah kekekalan. Mengapa disebut buah kekekalan? Karena pada saat itu, iblis menggoda “Jika kamu makan buah itu, maka kau akan kekal di surga.” Dalam tafsir ibnu katsir, nama asli buah Khuldi adalah buah karamah. Konsekuensi untuk Adam dan Hawa adalah diturunkan dari surga ke bumi. Hakikat Nabi Adam turun ke bumi adalah sebagai pelajaran, ketika manusia berbuat salah pasti ada hukuman atau konsekuensi. Disitu Adam merasa bersalah dan ingin bertaubat, namun tak tahu bagaimana cari bertaubatnya. Hingga Allah mengajarkan sebuah doa, “Rabbana dzolamna anfusana, wa illamtaghfirlana wa tarhamna, lana kunanna minal khosirin.”
Beberapa ulama berpendapat bahwa ada tidak adanya kejadian buah khuldi tersebut, pasti Nabi Adam akan diturunkan ke bumi, karena tugas manusia adalah menjadi khalifah fil ardi. Siapakan yang pantas menjadi khalifah?
·         Orang yang beriman, bukan hanya berislam

Kenapa ada Pasangan-Pasangan di muka bumi
Karena untuk mencapai keseimbangn dan saling melengkapi, misalnya ada yang miskin dan kaya, mereka disebut kaya karena ada masyarakat miskin, yang notabennya memiliki penghasilan leih rendah dibanding yang lain, begitu pula sebaliknya. Dalam QS al-Qashash ayat 41 menjelaskan bahwa kita diminta untuk berusaha untuk mencari surga, tetapi jangan lupa akan tanggungjawab di dunia, sehingga harus menyeimbangkan dunia dan akhirat. Rasulullah bersabda, “Berusaha di dunia mu, seolah-olah kamu akan hidup selamanya untuk perbekalan di masa mendatang. Pun juga berusaha untuk akhiratmu, seolah0olah kamu akan mati esok hari.”
Dalam sebuah hadis, Izrail mengunjungi kita sebanyak 70 kali setiap harinya. Izrail selalu mendampingi kita dan selalu siap untuk mencabut nyawa kita. Pilihlah suasana, tempat, dan waktu yang baik untuk meninggal. Salah satu waktu terbaik adalah ketika menuntut ilmu, artinya sedang berperang dan berdakwah di jalan Allah. Apakah orang yang berperang akan selalu menang dan masuk surga? TIDAK. Ada seorang sahabat yang sebenarnya itu penghuni neraka, padahal ia telah berjihad di jalan Allah. Ia tidak bersabar ketik berperang di jalan Allah dan akhirnya bunuh diri, sehingga ia dimasukkan ke dalam neraka.
SEIMBANG
Segala sesuatu tadi diciptakan secara berpasang-pasangan. Oleh karena itu, ketika mahasiswa  datang ke suatu tempat untuk belajar, hakikatnya bukan untuk belajar ilmu eksakta saja, namun ada empat macam hal yang harus di mengerti oleh mahasiswa, yaitu :
1.      Ilmu Tauhid. Men
2.      Fiqh
3.      Qur’an
Al-qur’an adalah kitab suci umat muslim yang wajib dipelajari. Kewajiban kita terhadap ilmu qur’an itu adalah :
·         Mempelajari
Belajar membaca alqu’an bagi pemula akan mendapatkan dua pahala, yaitu pahala kebaikan disetiap hurufnya, yang satu huruf dinilai 10 kebaikan dan pahala usaha untuk belajar.
·         Memahami
Platform terbesar dalam kehidupan kita, sehingg harus memahami al-quran
·         Mengamalkan
Yang ridak mengamalkan bagaikan keledai, karena hewan itu termasuk strata terendah menurut orang-orang arab. Keledai memiliki pendengaran yang buruk atau biasa disebut dungu. Suara keledai dan anjing di malam hari dijadikan patokan sebagai datangnya setan. Berbeda dengan suara ayam di pagi hari, dijadikan patokan sebagai datangnya malaikat.
·         Mengajarkan
·         Menjaga
4.      Hadis (sunnah rasul)
Menjalankan sunnah rasul di kehidupan sehari-hari untuk melaksanakan kegiatan sesuai tuntunan.

Salman al-Farisi pernah melakukan kesalahan, yaitu sholat tidak tidur dan puasa tidak berbuka, maksudnya hak-hak istri tidak terpenuhi. Kemudian Rasulullah menegur, bahwasanya Rasulullah beribadah dan istirahat, seimbang antara dunia dan akhirat, jangan sampai mengejar salah satu saja.

HUKUM MELIHAT LAWAN JENIS
1.      Orang lain, bukan mahram tanpa ada keperluan/udzur, termasuk wajahnya. Walaupun mereka teman kita, namun belum tentu teman hidupàhukumnya tidak boleh.
2.      Istri dan buak, seluruh tubuh (kecuali kemaluan) à beberapa pendapat
3.      Mahrom atau budak istri orang lain à boleh, selain antara pusar dan lutut
4.      Untuk khitbah
5.      Untuk pengobatan
6.      Untuk muamalah/saksi
7.      Melihat budak yang akan dibeli
Pandangan yang dilihat manusia ada dua jenis, yang pertama itu nikmat, dan kedua maupun seterusnya itu laknat. Apapun kegiatannya, diwajibkan untuk menjaga hati, dimanapun dan kapanpun.

PERMASALAHAN KITA SAAT INI
1.      Sulitnya terpisah
2.      Wanita dianggap belum bisa mandiri
3.      Kaburnya antara hak dan batil
4.      Kalangan liberal yang semakin kuat
5.      Permasalahan dari dalam diri sendiri

KODE ETIK
·         Menutup aurat ibarat permen. Apakah kau mau memiliki seseorang yang telah dimiliki orang lain? Setelah dimakan dalamnya, kemudian di keluarkan kembali. QS an-nur ayat 31 dan QS al-Ahzab ayat 59
·         Menjaga pandangan
·         Memperhatikan suara
·         Interaksi lawan jenis seperlunya
·         Menghinari kontak fisik
·         Tidak berkholwat
·         Meminta ijin suami atau istri
·         Menjauhi perbuatan dosa.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

- Copyright © Mampukah kita melintasi dahsyatnya badai kehidupan? - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -